Ternyata Begini Cara Menghilangkan Noda Panci Gosong dengan Mudah

Panci gosong bikin sebel!

Siapa di rumahnya yang punya Panci gosong di bagian belakangnya? sepertinya ini masalah klise yang sering di alami ibu ibu, termasuk saya tentunya. Dan dari beberapa baca, googling dan tanya ngalor ngidul ke teman-teman. Akhirnya saya bisa menuliskan beberapa cara untuk mengatasi masalah bekas panci gosong ini.

Setidaknya ada 8 cara menghilangkan noda panci gosong yang berhasil saya rangkum.

1. Dengan sabun cuci piring dan rendam air panas

Ini cara paling simple untuk membersihkan hitam pada panci. Pertama, tuangkan saja sabun cuci piring ke bagian noda hitam panci. Selanjutnya, rendam dengan air panas setidaknya satu malam.

Taraaaa….

Keesokan harinya tinggal bilas dan gosok dengan busa spon cuci piring pelan-pelan sampai noda hitam panci terangkat. Jika belum hilang, mungkin bisa cob acara ke dua

2. Gunakan air panas dan spatula kayu

Panik dong saat habis masak, eh pancinya kok malah banyak keras hitam karena gosong. Tenang, cob acara ini untuk menghilangkanya. Panci yang masih panas, rendam dengan air hangat kurang lebih 20 menit agar kerak-kerak hitam di panci ngelupas.

Setelah itu, bisa gunakan spatula kayu dan spon untuk mengankat sisa kerak yang masih bandel. Ulangi sampai semua kerak hitam terangkat

3. Pakai cuka sebagi pengganti air

Caranya hamper sama dengan cara ke dua di atas. Bedanya airnya kita ganti pakai cuka. Jadi tuangkan air cuka ke dalam panci yang gosong. Diamkan sekitar 10 menit. Selanjutnya tinggal gosok pelan pelan dengan busa dan spatula.

Taraa…..

Pancipun jadi bersih Kembali.

4. Pakay Dry sheet, lebih ampuh!

Tahukan ap aitu dry sheet?

Ituloh, pelembut pakaian yang berbentuk kertas tipis yang bisanya dipakai buat menghilangkan noda di pakaian. Ternyata bisa juga loh buat menghilangkan karat di panci gosong.

Caranya gampang banget. Tinggal letakkan dry sheet di atas panci yang gosong. Kemudian tuangkan air panas, diamkan beberapa jam agar dry sheet bekerja optimal.

Taraaa….
kotoran dan gosong pancipun terangkat dan hilang. Tinggal bilas dan bersikan dengan sabun seperti biasanya

5. Gunakan baking soda

Baking soda memang terkenal paling ampuh untuk menghilangkan noda. Termasuk menghilangkan bekas panci gosong tentunya. Caranyapun cukup mudah. Tuangkan saja baking soda ke bagian panci yang gosong, kemudian gosok secara perlahan. Selanjutnya tinggal tuangkan air hangat sambal digosok gosok dengan spatula atau sendok kayu. Mudahkan!

6. Gunakan air soda

Tentu semuanya sudah pada tahu kalau kandungan dalam air soda juga ampuh buat ngilangin noda berkarat pada panci. Caranya juga sangat mudah. Cukup tuangkan saja air soda pada noda gosong panci, diamkan beberapa waktu. Selanjutnya tinggal gosok pelan-pelan sampai karat panci gosong hilang sempurna. Selamat mencoba!

7. menggunakan saos tomat juga bisa loh!

 Hayo siapa yang suka nyocol gorengan ke saos tomat?

Sudah pada tahu belum kalau saos tomat ternyata juga efektis buat ngilangin noda panci gosong. Cukup oleskan saja saos tomat ke bagian panci gosong, diamkan kurang lebih 20 menitan. Selanjutnya tinggal bilas dan gosok pelan-pelan dengan busa seperti biasanya.

Belum berhasil? Cara selanjutnya bisa dicoba

8. Gosok dengan lemon

Selain segar buat maskeran, ternyata lemon juga ampuh buat mengkat noda gosong pada panci. Caranya cukup iris tipis-tipis lemon, kemudian masukkan irisan lemon ke dalam panci. Tambahkan sedikit air, lalu rebus sampai mendidih. Selanjutnya tinggal dibersihkan di air mengalir, dan jangan lupa digosok gosok agar noda gosong cepat terangkat.

Berikut beberapa tips untuk menghilangkan noda gosong panci, jangan lupa pakai sarung tangan ya saat membersihkan. Biar tanganya tidak jadi kasar 😊

Komen ya yang sudah pada ikut mencoba tips diatas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *