Mari Kenali Ciri-Ciri Anak Terkena Skizofrenia

Kenali Ciri-Ciri Anak Terkena Skizofrenia – Gangguan skizofrenia pada anak melibatkan sejumlah masalah dengan pemikiran, perilaku atau emosi. Tanda dan gejala dapat bervariasi, tetapi biasanya melibatkan delusi, halusinasi, atau bicara yang tidak teratur dan mencerminkan penurunan kemampuan untuk berfungsi.

Meskipun diketahui lebih sering terjadi pada orang dewasa, skizofrenia juga dapat terjadi pada masa kanak-kanak (childhood-onset schizophrenia). Gangguan jiwa ini tergolong masalah serius, apalagi tidak dikenali dengan cepat pada masa kanak-kanak. Untuk itu mari kita simak bersama apa saja kenali ciri-ciri anak terkena skizofrenia melalui gejalanya bersama dibawah ini.

Kenali Ciri-Ciri Anak Terkena Skizofrenia Sejak Dini

Gejala skizofrenia biasanya dimulai pada masa remaja hingga akhir 20 tahun. Padahal, tidak umum anak-anak menderita skizofrenia. Skizofrenia dini terjadi sebelum usia 18 tahun, sedangkan skizofrenia yang terjadi di bawah usia 13 tahun sangat jarang.

Berikut Gejala yang Biasanya Terjadi Pada Anak yang Terkena Skizofrenia

Gejala dapat bervariasi dalam jenis dan tingkat keparahan dari waktu ke waktu dan dengan periode memburuk. Beberapa gejala mungkin sulit dikenali pada anak, tapi dibawah ini adalah beberapa gejala yang mungkin bisa ditemukan pada anak yang berpotensi mengalami skizofrenia:

  • Susah Tidur

Selanjutnya, gejala yang biasa paling mudah ditemukan pada anak yang mengidap skizofrenia adalah ketidakmampuan atau susah tidur saat malam, dan sering terjaga, karena terganggu oleh berbagai hal atau rasa takutnya.

  • Menarik Diri Dari Sosial

Hal mudah yang dapat anda temukan dari anak mengalami skizofrenia, bisa jadi dari perilaku sosialnya yang biasanya sering bersosialisasi, jadi mengurung diri.

  • Halusinasi

Anak biasanya akan berkata bahwa ada yang mengawasi, membisikkan, dan memberikan perintah. Padahal tidak ada yang memberikan hal semacam itu.

  • Delusi

Delusi biasanya terjadi setelah anak anda mengalami halusinasi, dan membayangkan hal mustahil yang misalkan terbang ke bulan dengan kekuatan.

  • Kurang Termotivasi

Biasanya Anak yang biasanya besok akan melakukan suatu kegiatan menjadi kehilangan semangat untuk melakukannya, karena kurang motivasi yang ada pada dirinya.

  • Tidak Bisa Mengekspresikan Diri Dengan Benar

Bahkan jika anak Anda senang atau sedih, ekspresi wajah anak Anda datar atau tidak sesuai dengan suasana hatinya.

  • Perilaku dan Pikiran Kacau

Beberapa gejalanya adalah bicara cadel, bicara cadel atau bahkan tidak bicara (mutisme). Mungkin juga postur anak katatonik atau kaku dalam posisi berkepanjangan.

  • Gangguan Kognitif

Anak dengan skizofrenia biasanya juga mengalami gangguan kemampuan berpikir. Akibatnya, masalah mungkin timbul dalam pelajaran sekolah.

Penanganan Gejala yang Bisa Dilakukan Orang Tua

Penyebab gangguan jiwa pada anak belum diketahui secara pasti. Oleh karena itu, pencegahan untuk menghindari komplikasi skizofrenia yang paling serius di masa dewasa adalah sebagai berikut:

  • Deteksi Dini

Dengan mengetahui gejalanya sedini mungkin, Anda akan berhati-hati jika melihat adanya kelainan. Dengan itu Anda setidaknya punya beberapa cara untuk mengatasi skizofrenia pada anak anda.

  • Lebih Perhatian Kepada Anak

Bantuan kesabaran dan keikhlasan penting dalam pengobatan anak dengan skizofrenia. Dengan memberikan perhatian yang lebih, mungkin itu bisa mengembalikan keceriaan anak dan mungkin bisa terhindar dari skizofrenia.

  • Bawa Ke Dokter Spesias

Ini adalah opsi terakhir, kalau sudah dirasa parah gejalanya, dengan penanganan yang lebih ahli, biasanya akan diberikan obat, terapi dan perawatan untuk menangani gejala yang dialami anak.

Kesimpulan

Itu dia beberapa cara untuk kenali ciri-ciri anak terkena skizofrenia Setelah anda mengetahui setidaknya salah satu atau 2 gejala di atas terjadi selama periode 1 bulan. Gunakan tindakan pencegahan diatas, untuk atau gunakan untuk mengembalikan ceria anak anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *