Hal-hal Kecil yang Membuat Orang Hilang Respek Sama Kita

ruangibu.com – Tahu tidak kadang kita sering melakukan hal-hal kecil yang membuat semua orang kehilangan respek sama kita. Lebih buruk lagi, ini membuat kita kehilangan pekerjaan. Kalau kamu sering melakukan hal ini, sebaiknya mulai sekarang dibuang deh kebiasaan buruk berikut.

Bilang  OTW, Nyatanya Baru Mau Mandi

Ini kebiasaan pemuda sekarang. Kalau diajak janjian di BBM, WA atau Line jawabnya OTW. Sudah ditunggu sampai 1 jam baru nongol. Parahnya lagi mereka tidak minta maaf dan tidak merasa bersalah sama sekali. Coba bayangkan kalaiu kamu diperlakukan seperti itu. Jengkel kan? Aku sendiri bakal hilang respek sama orang tersebut. Berusahalah untuk tidak membuat orang lain menunggu.

“Jangan Bersembunyi Dibalik kata OTW”

Buang Sampah Sembarangan

Yang ini juga sangat sepele dan masih sering dilakukan oleh lintas generasi. Mau muda atau tua sampai anak-anak sama saja. Ini karena tidak dibudayakan sejak kecil. Kesadaran seperti ini justru sangat diabaikan. Baru kalau banjir ujug-ujug nyalahkan pemerintah. Tapi apa kebiasaan sepele ini masih dilakukan? Hayo coba tanya diri sendiri? Apa susahnya menyimpan sampah di tas sendiri sampai menemukan tempat sampah. Tidak susah kok. Ini semua tergantung niat masing-masing saja.

Beberapa orang kalau melihat hal seperti ini bisa-bisa hilang respek sama kita. Bagaimana bisa kita selalu koar-koar menyalakan jargon bersih, jujur dan aware, tapi kalau sama lingkungan sendiri, sama sampah sendiri saja kita tidak bisa komitmen. Siapa yang mau percaya?

Selalu Mengeluh

Siapapun pasti butuh seorang pendengar saat sedang merasa kalut. Menceritakan masalah kita kepada orang lain setidaknya akan mengurangi beban kita. Sayangnya saat menceritakan semua pengalaman buruk dan juga masalah kepada setiap orang, hal ini justru membuat orang lain hilang respek. Ingat, tidak semua orang peduli dengan masalahmu. Dan untuk apa mereka harus selalu tahu masalahmu. Kalau sedikit-sedikit mengeluh, orang lain akan berikir kamu tidak dewasa dan tidak mampu melihat sisi positif dari sebuah masalah. Tidak enak, kan diperlakukan seperti itu?

Update Status Hate Speech

Nah, yang ini sekarang sedang marak. Apa lagi musim PILKADA. Banyak orang tiba-tiba merasa paling benar sendiri hanya karena beda pilihan dan pendapat. Banyak juga yang sering update status dengan kata-kata kotor dan mengancam, sampai menyebarkan hoax agar jagoannya menang. Kalau masih melakukan hal ini, baiknya segera hentikan dari sekarang. Lama-lama orang bisa jengah. Mereka bisa saja unfollow akunmu, bahkan unfriend akunmu sekaligus. Tidak hanya hatespeech, hal lain seperti update keluhan, terlalu banyak foto narsis dan lainnya bisa merusak mood orang lain. Tak heran mereka selalu eksekusi teman sendiri karena tidak mau tertular efek buruknya.

Tidak Menepati Janji

Nah, yang ini juga sering. Kalau kamu sendiri sering tidak menepati janji, kira-kira orang lain bakal percaya kamu lagi tidak? Selain itu, kamu akan kehilangan respek dari orang lain karen ulah sendiri. Jadi, sekecil apa pun janji, cobalah untuk menepatinya.

Tidak Mengucapkan Terimakasih dan Maaf

Yang ini aku alami sendiri. Bukannya mau riya’, ya. Aku ada seorang teman, dengan segenap hati aku bantu. Meskipun tidak banyak, setidaknya aku pikir bisa sedikit meringankannya. Eh, justru setelah masalahnya selesai, temanku tidak mengucapkan terimakasih. Malah sering berkata kasar. Siapa yang tidak kesal? Meskipun bantuan kita tidak seberapa, setidaknya kita ucapkan terimakasih, sekecil apa pun bantuan yang kita dapat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *