Cara Mengolah Lidah Buaya Menjadi Minuman segar menyehatkan

Minuman dari Lidah Buaya

Sudah pernah belum mengolah lidah buaya jadi kudapan? Sejujurnya ini pertama kali mengolah lidah buaya karena tantangan dari suami. Pulang-pulang dari kerjaan, bawa lidah buaya besar-besar, “Ntar dibuat minuman buka puasa, ya!”

‘Doeng!’ Macam mana pula.

“Dulu, aku sering dibawain temen satu kosan yang orang Pontianak minuman lidah buaya.” Jelas suami seolah mengerti kebingunganku.

Sebenarnya kalau makan sih sering, biasanya beli di supermarket dalam bentuk kemasan siap minum ‘nata de aloe vera’. Tapi kalau bikin sendiri? Mmm ….

Sejujurnya jadi mengingatkan kejadian kurang mengenakkan dengan lidah buaya. Dulu, aku dan teman SMA pernah membeli es lidah buaya berkuah santan yang dijual di kaki lima. Namun, ternyata rasanya tak seindah bayangan, kami hampir muntah memaksakan makan. Lendir dari lidah buaya belum benar-benar bersih, jadi menimbulkan rasa kurang enak saat menyantapnya.

Berkaca dari kejadian itu, aku pun mengetik di mesin pencarian tentang pengolahan lidah buaya. Alhamdulillah nemu yang menurutku sesuai. Berikut kutulis ulang, ya, langkah-langkahnya.

  1. Kupas lidah buaya dan potong kecil-kecil sesuai selera. Pada bagian ini tingkat kesulitannya cukup tinggi karena licin lendir lidah buaya. Selain itu juga efeknya gatal di tangan, jadi sebaiknya yang memiliki sarung tangan dipakai saat mengupas.
  • Cuci hingga benar-benar hilang lendir dari lidah buaya. Caranya dengan memakai wadah berlubang-lubang dan diguyur di air mengalir sampai benar-benar kesat.
  • Rebus air dan daun pandan hingga mendidih bau pandan keluar. Matikan api, masukkan lidah buaya yang sudah dicuci bersih. Rendam hingga satu jam.
  • Tiriskan, lidah buaya siap diolah menjadi minuman segar. Kalau saya cukup diberi sirup dan air.

Alhamdulillah meski perjuangan mengupasnya agak bikin pengen nangis, anak-anak ternyata suka. Ada seorang dosen saya dulu di jurusan Kimia yang suka meneliti bahan alam pun sering menggunakan lidah buaya ini untuk infusa bahan mentah. Beliau saat ini sedang menggalakkan konsumsi mentah untuk kesehatan tubuh.

Membaca testimoni dari yang sudah praktik, alhamdulilah banyak yang konsultasi dan mempraktikkan bisa berangsur membaik dari sakit yang diderita. Cukup dengan menyisihkan sedikit saja sayur yang biasa kita makan dalam kondisi matang menjadi dikonsumsi mentah, sesimpel itu. Karena bahan alam yang masih mentah memiliki enzim yang masih aktif dan baik untuk tubuh, termasuk dengan mengonsumsi lidah buaya ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *