Cara Masak Popcorn Enak seperti di Bioskop

www.ruangibu.com – Pandemi gini sudah pernah nonton ke bioskop belum, Bu? Kalau saya belum, hehe. Kalau diingat-ingat terakhir ke bioskop itu sekitar 2,5 tahun yang lalu waktu hamil anak keempat. Ya, anak keempat saya lahir tepat sebulan sebelum di Indonesia dinyatakan pandemi dan harus lockdown.

Kadang pengen, sih, sesekali nge-date berdua sama suami ke bioskop lalu nonton film kesukaan, tapi bayinya dikemanain, hahaha. Saya dari awal menikah belum pernah berjodoh mendapat asisten rumah tangga meski beberapa kali sudah berusaha mencari. Kadang bisa kencan kalau anak-anak di rumah eyangnya, tapi kalau sudah tidak menyusu, hehe.

Balik ke bioskop. Kalau inget nonton di bioskop, pasti ingetnya ke popcorn, karena cemilan satu ini selalu dijual di loket bioskop.

Meski popcorn biasanya beraneka rasa, tapi tetap rasa original yang hanya asin yang paling pas dan enak daripada yang rasa-rasa manis.

Entah kapan terakhir kali melihat ibu saya membuat popcorn sendiri di rumah, apa waktu saya masih SD, ya? Berapa puluh tahun lalu itu, haha. Seingat saya dulu cara masaknya margarin dicairkan, lalu jagung kering dimasukkan, tutup panci, jagung akan meletup-letup sendiri.

Percobaan Pertama Gagal

Gara-gara kenangan itu, saat melihat status seorang teman yang menjual jagung untuk popcorn, saya tertarik membeli. Begitu barang sampai, saya langsung praktik di panci, dengan sok tahu saya PD akan ‘jadi’. Ternyata justru bau gosong  dan asap keluar dari lubang kecil di tutup panci, hanya beberapa jagung kering yang berhasil meledakkan dirinya, sisanya berukuran tetap tapi berubah warna menjadi hitam, haha.

Ternyata Kuncinya Sedikit Demi Sedikit

Kesalahan saya sebelumnya ternyata karena saya memasukkan jagung terlalu banyak dengan margarin yang terlalu sedikit.

Bertanya kepada teman yang menjual jagung tersebut, alhamdulillah dapat resep sip yang lebih hemat daripada menggunakan margarin. Saya tulis resep singkatnya ya.

Resep Versi Ekonomis

Bahan-bahan:

  • Jagung kering
  • Minyak goreng
  • Garam

Cara membuat:

  • Siapkan panci dengan tutup. Panaskan 1 sdm minyak goreng dengan api kecil, tambahkan garam secukupnya, lalu masukkan jagung kering 1 sdm.
  • Tutup panci dan tunggu hingga meletup-letup selesai.
  • Buka tutup, tuang di wadah saji.
  • Ulangi hingga habis.

Lebih ekonomis bukan? Yang jelas semahal-mahalnya minyak, masih mahal margarin. 😂

Resep versi mahal bagaimana? Tinggal ganti saja minyak dan garam dengan margarin, lakukan cara yang sama. Karena margarin sudah asin, jadi tidak perlu ditambahkan garam.

Kalau versi manis bagaimana? Minyak tak perlu ditambahkan garam, lalu setelah popcorn jadi panaskan sirup di dalam panci, masukkan popcorn, aduk rata. Selesai.

Selamat mencoba, semoga nonton film di rumah seperti nonton di bioskop.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *