Buah Mentega: Buah Asli Filipina

Ada yang sudah pernah makan buah mentega? Saya pun baru dua kali makan. Buah ini disebut juga buah bisbul, mabolo, kamagon, beludru, hingga velvet apel. Wah banyak, ya, nama lainnya. Selain itu dia memiliki nama latin diospyros blancoi.

Buah ini katanya masih saudara dengan kesemek dan kayu hitam. Pantesan kemarin waktu post foto buah ini di WA story banyak yang menyangka buah kesemek. Mungkin karena kulit luarnya dari foto terlihat putih-putih seperti kulit kesemek. Padahal aslinya beda. Kalau kesemek pun putih-putihnya karena sisa rendaman kapur guna menghilangkan rasa sepat pada buah. Sedang buah mentega memang asli berbulu, makanya ada yang menyebut buah beludru.

Buah Mentega

Rasa dan aroma buah mentega

Sejujurnya agak bingung kalau diminta menggambarkan rasa. Secara umum buah ini rasanya manis, tapi yang membuat beda adalah aroma dan teksturnya. Buah mentega cenderung lunak dan beraroma kuat, ada yang bilang agak mirip aroma durian.

Nah, beda banget kan dengan kesemek yang teksturnya cenderung keras dan kres ketika digigit. Mungkin yang agak mirip aromanya ya, sama-sama khas.

Buah langka asli Filipina

Saya sebut langka karena memang jarang ditemui. Saya saja baru tahu buah ini tahun 2018 saat pergi ke Banjarmasin. Hingga saya pikir buah ini adalah buah endemik sana karena sebelumnya saya sama sekali belum pernah menemui.

Tahun ini pun adalah kedua kalinya saya makan buah ini. Ternyata saudara di Nganjuk menanamnya di pekarangan rumahnya. Orang tua saya pun baru pertama ini tahu buah ini. Mungkin bagi kebanyakan yang mencoba pertama kali buah ini terasa aneh, tapi lama-lama kalau dirasakan ya enak juga.

Kemarin waktu saya pasang di status WhatsApp ternyata banyak juga yang di pekarangan rumahnya dulu masa kecil tumbuh pohon ini. Apa di Malang aja ya, yang tidak ada? Wkwkwk. Karena emang buah mentega ini tumbuhnya di dataran rendah hingga menengah. Kalau Malang kan dataran tinggi.

Baca-baca pun buah ini ternyata terkenal menjadi buah khas Bogor, karena banyak di Bogor. (Duh, kan, jadi kebayang segarnya asinan bogor.) Namun, karena saya sendiri belum pernah ke Bogor, jadi belum tahu.

Dari hasil membaca pun akhirnya baru ketahuan kalau buah ini asli Filipina. Pantas saja di Indonesia masih jarang, kan.

Buah mentega yang kaya manfaat

Tidaklah segala sesuatu di dunia ini diciptakan sia-sia. Begitu juga dengan keanekaragaman buah, tentu masing-masing memiliki kandungan istimewanya.

Buah yang memiliki nama latin diospyros blancoi ini ternyata memiliki kandungan tertinggi gula dan karbohidrat. Selain itu buah ini memiliki antioksidan sehingga baik untuk antikanker.

Buah ini juga tinggi serat dan kalsium sehingga baik untuk pencernaan dan untuk kesehatan tulang. Di samping itu buah ini juga mengandung vitamin B kompleks dan vitamin C yang bagus untuk daya tahan tubuh.

Buat yang belum pernah melihat dan mencoba, buah ini patut dicoba. Bukankah salah satu cara membaca ayat kauniyah adalah dengan menikmati serta mensyukuri nikmat dari-Nya?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *