Ampas Jus Jangan Dibuang! Dibuat Brownies Saja

www.ruangibu.com – Gara-gara sering membuat jus dengan ampas banyak, saya kepikiran kok sayang sekali jika ampas sebanyak itu dibuang begitu saja.

Jadi waktu itu saya membuatkan jus anak-anak dari apel dan wortel. Yang pernah ngejus dari dua bahan itu pasti tahu kan seberapa banyak ampasnya, banyak banget. Mau dimakan ala ala smoothies juga anak-anak tidak suka, jadinya harus disaring.

Karena anak-anak pencinta cokelat, jadilah brownies merupakan kue yang paling sering saya buat. Saya pun mengoleksi banyak resep brownies, mulai dari fudgy brownies, brownies kukus, hingga brownies pisang. Meski ada yang lulus uji coba dapur saya dan ada yang enggak. Kalau nggak lulus ya auto del dari catatan, wkwkw.

Salah satu resep yang lulus uji coba di dapur saya adalah resep brownies pisang dari Mbak Indry Hapsari. Dulu nemunya di Cookpad sekitar 2020. Bisa klik di sini resepnya di sini

Meski di resep judulnya pakai almond, saya nggak pernah pakai dong, karena anak-anak tidak suka, hehe. Tekstur browniesnya moist dan padat meskipun cara masaknya dipanggang.

Nah, dari resep inilah saya kepikiran memodifikasinya menjadi brownies ampas jus, hehe.

Saya tuliskan ulang resep yang sudah saya modifikasi, ya.

Brownies Ampas Jus

Bahan-bahan:

Bahan basah:

  • ampas jus (saya tidak menimbang berapa gram. Kira-kira dari 2 apel dan 2 wortel)
  • 60 gram margarin/mentega yang dilelehkan
  • 2 butir telur ayam
  • 125 gram gula

Bahan kering:

  • 50 gram tepung terigu protein sedang
  • 30 gram cokelat bubuk
  • 27 gram susu bubuk

Bahan tambahan (tidak wajib):

  • toping (chcocochip/keju/almond/apa saja bisa)
  • ¼ sdt vanili bubuk

Cara membuat:

  1. Campur semua bahan basah. Terlebih dahulu aduk telur dan gula hingga larut. Setelah larut baru masukkan ampas jus dan margarin. Aduk rata.
  2. Campur semua bahan kering dan vanili jika menggunakan. Lalu ayak sedikit demi sedikit ke dalam adonan basah sambil diaduk hingga rata.
  3. Panaskan dahulu oven dan siapkan loyang yang sudah diberi kertas roti atau margarin. Tuang adonan ke dalam loyang. Hentakkan pelan. Lalu beri toping sesuka hati. Saya hanya memberi sedikit toping chcocochip.
  4. Panggang di dalam oven dengan suhu 180°C selama 30 menit. Suhu dan lama waktu pemanggangan bisa disesuaikan dengan oven masing-masing.
Brownis setelah dipanggang
Brownis setelah diapanggang

Tekstur brownies memang cenderung basah, jadi sepertinya dikukus pun bisa meski saya belum mencoba.

Hasilnya? Ternyata tidak bertahan hingga keesokan hari. Padahal saya masak sore, tapi malam itu juga habis tak bersisa.

Kalau kata saya rasanya mirip brownies pisang yang biasa dibuat. Kata anak-anak saya juga enak, nyokelat, tidak terasa wortel dan apelnya.

Coba dengan ampas jus lain sepertinya juga bisa. Atau mungkin brownies sayur? Berani mencoba?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *