Percaya Nggak Percaya, Aroma-Aroma Ini Membangkitkan Semangat Sebelum Beraktivitas

Tak dapat dipungkiri, beraktivitas dalam kehidupan sehari-hari memerlukan motivasi dan dorongan tertentu. Motivasi atau semangat bisa berasal dari mana saja dan dari apa saja. Bisa saja dari dorongan atau nasihat orang lain, dari diri sendiri, bahkan dari lingkungan sekitar. Dorongan hati atau yang kini trending dengan nama mood seseorang jarang sekali bersifat konstan. Mood selalu berubah-ubah, tinggal bagaimana menyikapinya agar tidak mengganggu aktivitas, dan bahkan menjadi pembangkit semangat tersendiri.

Salah satu pembangkit semangat yang berasal dari lingkungan dan sangat murah dan mudah didapat adalah lewat aroma sesuatu. Percaya nggak percaya, aroma yang berasal dari lingkungan sekitar tanpa disadari dapat membangkitkan semangat tersendiri sebelum melakukan aktivitas tertentu. Berdasarkan fakta, berikut adalah beberapa aroma yang terbukti mampu membangkitkan semangat seseorang dan membuatnya tidak malas gerak (mager) lagi.

Contoh Aroma Pembangkit Semangat Sebelum Beraktivitas

Bumbu Mi Instan

Indonesia adalah negara yang penduduknya tidak asing dengan yang namanyan mi instan. Mi instan terkadang menjadi makanan darurat di kala tidak ditemukan lauk dan sayur untuk dipasangkan dengan nasi. Percaya atau tidak, faktanya bumbu dari mi instan membuat bergairah dan nafsu makan. Baik itu dari mi kuah, dan mi goreng. Hal ini bisa saja karena berbagai varian rasa mi instan yang menggungah selera seseorang untuk bersemangat makan. Buktinya, aroma tersebut mampu menggugah seleraku ketika masih enggan bangun ketika sahur di puasa hari pertama.Cobain deh sendiri kalau masih gak percaya.

Aroma Tanah Basah Ketika Baru Hujan

Ada lagi aroma yang bakal berkesan dan membangkitkan semangat. Aroma tanah basah ketika hujan baru saja turun. Tidak susah mendapatkan aroma ini, mengingat Indonesia adalah negara dengan dwimusim. Aroma tanah ketika baru tersiram air hujan memiliki taste unik yang membangkitkan semangat. Selain itu aroma tersebut diakui sejumlah orang bisa membawa hatinya lebih tenteram.

Aroma Makanan yang Digoreng

Lagi-lagi aroma yang memberikan semangat datangnya dari makanan. Aroma makanan yang digoreng semisal ikan asin, telur goreng, martabak, tempe, tahu goreng, dan lainnya juga dipercaya bisa menggugah semangat sebelum beraktivitas. Aroma harum yang ditimbulkan perpaduan rempah-rempah dengan bahan dasar yang lumer dalam minyak panas akan menambah nafsu makan. Ketika makan sudah banyak, menjalani aktivitas akan terasa lebih ringan dan semangat. Lewat saja di depan warteg yang sedang masak, maka aroma ini akan kamu dapatkan tanpa harus membayar (kecuali kalau beli makanannya sekalian sih).

Aroma Sambal

Teman dari Sunda mengatakan bahwa untuk menjaga semangatnya, ia selalu membuat sambal dulu. Menurutnya, banyak orang Sunda yang menggemari aroma sambal, terutama aroma terasi ketika digoreng sebelum dijadikan sambal. Rasa dan aroma khas dari terasi berdasarkan bukti di lapangan mampu menggandakan nafsu makan dan semangat sebelum beraktivitas. Berani coba?

Aroma Minuman

Tidak beralih jauh dari makanan, aroma selanjutnya yang membangkitkan gairah adalah aroma minuman tertentu. Minuman tersebut antara lain Coklat panas, Kopi hitam seduh, teh hijau, dan lainnya. Beberapa jenis kopi dan coklat bahkan dipercaya akan memberi suntikan inspirasi dan semangat ketika menghirup aromanya.Sementara aroma teh dipercaya mampu memberikan efek relaksasi dan ketenangan ketika dihirup sebelum meminum tehnya. Telah dibuktikan dengan beberapa iklan komersial beberapa merk teh lho, sudah membuktikan belum?

Aroma Pengharum

Sudah menjadi rahasia umum jika sebuah pengharum baik pengharum ruangan maupun badan dapat meningkatkan gairah sebelum beraktivitas. Disamping itu, aroma sebuah pengharum terkadang juga dimanfaatkan sebagai aroma terapi untuk menenangkan jiwa dan pikiran.

Demikianlah beberapa aroma yang dipercaya membangkitkan semangat. Yuk segera coba dan buktikan efeknya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *