Anak Tidak Mau Makan Sayur? Inilah Solusinya

Anak Tidak Mau Makan Sayur – Sayuran mengandung banyak nutrisi penting, seperti vitamin, mineral, antioksidan, serat dan air. Kandungan yang terdapat didalamnya ini sangat membantu sekali dalam pertumbuhan anak. Tapi tidak sedikit anak yang tidak mau makan sayur karena alasan tidak enak.

Ini akan sedikit meresahkan karena, kebutuhan gizi tidak akan terpenuhi dan menyebabkan anak sering sakit. Jadi, anak tidak mau makan sayur? Dibawah sudah kami rangkum beberapa solusi agar anak anda mau makan sayur.

Anak Tidak Mau Makan Sayur, Mengapa Demikian

Setiap orang tua ingin kebutuhan nutrisi anaknya terpenuhi dengan makan sayur/ Namun sayangnya, anak-anak hampir selalu menolak makan sayur. Namun untuk orang tua harus tahu kenapa anak tidak makan sayur, baru setelah itu memikirkan solusi terbaik untuk itu.

Alasan Anak Tidak Suka Sayur

Kebanyakan anak tidak suka makan sayur karena rasanya tidak enak seperti masakan daging, ayam, atau buah. Beberapa sayuran memiliki rasa yang sedikit pahit, dan biasanya ingatan tentang rasa sayuran tersebut tersimpan di otak anak. Oleh karena itu, anak beranggapan bahwa semua rasa sayuran pasti pahit dan tidak enak. Tidak jarang mereka akhirnya tidak mau makan sayur.

Alasan lain anak tidak makan sayur adalah trauma. Trauma bisa terjadi ketika anak ditekan dan ditegur karena tidak mau makan sayur. Hal ini akan memunculkan ingatan negatif di otak anak, yang membuatnya berpikir bahwa makan sayur identik dengan perasaan tidak enak.

Solusi Untuk Menangani Anak yang Tidak Mau Makan Sayur

Setelah anda tahu alasan mengapa anak tidak suka makan sayur, dibawah ini adalah solusi yang tepat untuk membantu anak anda agar mau makan sayur:

  • Ajak Ikut Belanja

Setelah anda sampai stand sayuran, biarkan anak memilih sayuran yang menarik perhatiannya saat berbelanja bersama di supermarket atau pasar. Minta anak Anda untuk membantu Anda mencuci dan memotong sayuran, lalu libatkan mereka dalam memasak.

Dengan demikian, dia akan dengan bangga memakan sayuran yang telah dia pilih dan siapkan sendiri.

  • Kombinasikan Sayuran dengan Makanan Favorit Anak

Campurkan sayuran dalam masakan favoritnya. Anak-anak mungkin tidak suka makan sayur yang direbus atau dikukus atau terlihat langsung secara fisik karena rasanya pahit atau hambar. Tapi jika dipadukan dengan makanan favorit anak-anak, sayuran akan terasa lebih enak dan anak-anak mungkin akan menyukainya.

  • Jangan Sembunyikan Sayuran Dalam Bentuk Fisiknya

Menyembunyikan sayuran dalam makanan lain, seperti didalam telur, bisa menjadi cara untuk mengobati anak yang sulit makan sayuran. Tapi sayangnya, cara ini tidak selalu berhasil. Pasalnya, anak-anak harus dikenalkan dengan sayuran dalam bentuk dan rasa aslinya, dan tidak disembunyikan dan diubah menjadi makanan lain.

  • Pujilah Anak Ketika Mereka Makan Sayur

Sebagai tanda penghargaan dan untuk menyemangati anak, jangan lupa untuk memuji setiap anak makan sayur. Tapi ingat, jangan beri anak Anda makanan yang tidak sehat sebagai hadiah karena ingin makan sayur.

  • Berikan Contoh Kalau Sayuran itu Sehat

Sebagai orang tua, jadilah panutan yang baik bagi anak-anak Anda. Tunjukkan bahwa sayuran adalah makanan yang enak dan sehat. Makan sayur dengan cara yang menarik, misalnya dengan membuat menu yang menggugah selera. Dengan cara ini anak Anda akan menyukai sayuran saat Anda menunjukkannya.

Akhir Kata

Nah, bagaimana? Apakah ini bisa menjadi solusi bagi anda yang punya anak tidak mau makan sayur. Tentunya dengan terus mengajarkan anak tentang pentingnya sayur dan menjadi contoh, seiring waktu, mereka pasti suka memakan sayur. Selamat mencoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *