8 Iklan Wajib Khas Ramadhan: Dari Yang Sedih Sampai Bikin Ngakak

Ruangibu.com – Tahu nggak, sebenarnya ada hal yang unik tentang suasana menjelang Ramdhan di Indonesia, mulai tradisi hingga bisnis. Nah, karena aku ini penguasa TV di rumah otomatis dari kecil aku perhatikan apa saja yang unik menjelang Ramadhan. Kamu sadar nggak? Kalau belum tanda-tanda kedatangan bulan puasa ini pasti bikin kamu senyum-senyum sendiri. Pokoknya kalau di TV sudah nemu hal-hal seperti ini, berarti bulan puasa sudah hampir tiba.

Iklan Sirup yang Dikemas Seger Banget

Nah, kalau kamu nggak punya tanggalan atau kalender di rumah terus lihat TV sudah muncul iklan sirup lengkap dengan kelapa mudanya, alamat ini bulan puasa sebentar lagi mampir. Iklan ini bakal terus mewarnai televisi sampai hari raya Idul Fitri nanti sebagai simbol berkumpul bersama.

Iklan Obat Magh

Ini mungkin menguntungkan buat anak kos seperti aku ya. Kalau ada iklan obat magh dibubuhi model yang memakai baju muslim tandanya bulan suci hampir tiba. Pinter aja ini marketernya kasih alarm buat anak kos biar segera beli obat ampuh saat Ramadhan. Soalnya memang anak kos paling rentan terkena penyakit ini.

Iklan Sarung Jangan Lupa!

Tidak lengkap bulan puasanya tanpa kehadiran iklan sarung. Aku masih belum paham dengan iklan sarung ini. Korelasinya dengan bulan Ramadhan apa ya? Atau mungkin memberi semangat ibadah dengan koleksi sarung terbaru. Yah, apa pun tujuannya tanpa iklan sarung ini TV di rumahku memang terasa hampa banget.

Iklan Rokok

Ini iklan yang paling kusuka. Soalnya biasanya para pembuat iklan dari perusahaan rokok ini sangat kreatif. Mereka selalu menampilkan pesan yang ingin disampaikan saat berpuasa. Seperti kekuatan untuk menahan diri, bersikap gentle untuk minta maaf dan menjaga emosi. Simbolisasi iklan ini untuk image rokok sangat kena di hati. Yah, meskipun rokok sebenarnya banyak yang menentang, tapi kalau soal iklan di moment puasa memang berbeda banget.

Iklan Pertamina

Iklan pertamina juga tidak keren dan dramatis. Mulai dari cerita petugas pom bensin yang melayani dengan sabar saat pelanggan menggerutu (tayang 2008), pusinya Taufik Ismail (tayang 2009), Al-Alaq 1-5 (tayang 2010), hingga perantau asal Minang (tayang 2011). Hampir semua tema iklan yang diusung pertamina ini aku suka. Sama seperti iklan rokok, tema iklan miliki Pertamina selalu dramatis. Mereka selalu memiliki alur yang pas; saat menjelang ramadhan, hingga iklan khusus Idul Fitri.

Iklan Operator Seluler

Selain iklan dramatis seperti rokok dan Pertamina, iklan operator seluler juga tidak kalah dramatis. Bedanya mereka lucu-lucu dan selalu sukses membuat ngakak. Beberapa tawaran yang sering dibombardir adalah bonus telpon untuk bangunkan orang kesayangan agar sahur. Uniknya mereka setiap tahuns elalu mengusung konsep berbeda.

Iklan Mie Instant

Nah, ini nih! Iklan mie isntan yang tidak pernah absen di ajang perang iklan menarik pas bulan Ramadhan. Kalau mereka sudah bikin konsep makan mie saat sahur dan berbuka. Wah, dipastikan ini sudah masuk bulan puasa, guys!

Iklan Biskuit

Iklan yang satu ini munculnya menjelang lebaran. Biasanya agendanya kumpul-kumpul keluarga dan minum teh bersama. Ada juga sih iklan biskuit yang muncul di awal puasa. Tapi jarang banget. Umumnya iklan ini muncul menjelang lebaran datang.

Masih banyak sekali iklan bulan puasa yang keren. Tapi daftar di atas yang paling aku ingat dari kecil sampai sekarang. Ntah setelah ini mereka akan buat konsep seperti apa ya?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *